Padang-koreksipost.com-  Wali Kota Padang H.Mahyeldi Ansharullah menerima kunjungan silaturrahim Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar), R Andika Dwi Prasetya di Kediaman Resminya, Senin pagi (1/2/2021).

Mengawali diskusi, R Andika Dwi Prasetya menyampaikan, sebelum menjabat sebagai Kakanwil Sumbar, ia menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Provinsi Banten. Ia resmi pindah dan bertugas di Sumbar setelah Sertijab pada 7 Desember 2020 lalu, dengan pejabat sebelumnya Suherman yang memasuki masa pensiun.

"Hari ini saya didampingi Kepala Divisi Administrasi Susilo Purwanto, Kepala Divisi Permasyarakatan Budi Sitongkir dan Kepala Divisi Keimigrasian bersilaturrahim dengan Bapak Wali Kota. Tujuannya, selain perkenalan juga mengharapkan dukungan dan kerja sama dalam kinerja Kemenkumham Sumbar ke depan," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar itu.

Dalam kesempatan itu, R. Andika juga menyampaikan beberapa program kerja yang dilaksanakan ke depan. Diantaranya, revitalisasi dan reformasi hukum melibatkan banyak pemangku kepentingan dengan area kerja yang cukup luas, mulai dari pelayanan publik, penyelesaian kasus, penataan regulasi, penguatan sumber daya manusia hingga pembangunan budaya hukum.

"Kita ingin memberikan kemudahan pelayanan Hukum dan HAM kepada masyarakat, seperti bagi kaum difabel, kaum manula dan ibu hamil. Mereka harus mendapatkan jalur khusus dan ruang khusus dalam proses hukum," jelasnya.

"Kita juga melihat adanya kearifan lokal di Sumbar yang dapat dilakukan pemberdayaan seperti adanya Forum Kerapatan Adat Nagari (FKAN). Kita ingin ke depan bagaimana memberdayakan FKAN sebagai bagian dalam pelayanan dan konsultasi hukum, dan sebagai tempat berkomunikasi bagi masyarakan dalam hukum," jelasnya lebih lanjut.      

Terakhir, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar itu menyampaikan ucapan selamat kepada Wali Kota Mahyeldi yang terpilih sebagai Gubernur Sumatera Barat. "Semoga dapat membawa Sumbar menjadi provinsi yang lebih maju lagi di Indonesia," pungkasnya.   

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi menyambut baik kunjungan silaturrahim yang dilakukan oleh Kepala Kemenkumham Sumbar itu. Mahyeldi mengatakan, cukup banyak hal yang dapat di sinergikan ke depan dengan pemerintah, terutama yang berkaitan dengan HAM. "Untuk itu, kita perlu bersinergi dan bekerjasama supaya kasus-kasus tersebut dapat kita atasi secara bersama-sama demi suasana yang kondusif di Kota Padang dan Sumatera Barat," ungkap Wako Mahyeldi yang didampingi Kabag Hukum Yopi Krislova. (***)

 
Top