Yoyakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan Rabu (13/10/2021), secara resmi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) se-Indonesia di Jogjakarta.  

Wali Kota Padang Hendri Septa hadir mengikuti kegiatan Forum Seminar II yang membahas topik tentang "Smart City sebagai Solusi dalam Menghadapi Pandemi".

Kegiatan yang dilangsungkan di Ballroom Forum, The Rich Jogja Hotel berlangsung sampai Jumat depan. Peserta kegiatan Rakernis Apeksi ini terdiri dari para wali kota, sekretaris daerah, badan perencanaan pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah, kepala dinas kesehatan, kepala dinas perhubungan, kepala dinas komunikasi dan informatika serta ketua/Satgas Covid-19 daerah se-Indonesia.

Wako Hendri Septa usai kegiatan ikut memberikan tanggapannya terkait kegiatan tersebut. Menurut orang nomor satu di Kota Padang itu, paparan dari sejumlah narasumber di kesempatan ini sangat positif dan menginspirasi sekali. 

Menurut Hendri Septa, dalam Rakernis Apeksi ini strategi dan kiat-kiat yang telah dilakukan dengan memanfaatkan teknonologi informasi yang dikemas dalam konsep Smart City (kota cerdas-red) sebagai solusi menanggulangi pandemi Covid-19 beserta dampaknya. Dengan itu diyakini bisa meningkatkan semua sektor yang terdampak oleh pandemi Covid-19 yang hampir dua tahun mewabah tersebut.

"Kita mendapatkan poin-poin penting dalam kegiatan ini. Harapan kita tentunya, bagaimana hal-hal positif yang telah dilakukan para narasumber dapat kita aplikasikan di Kota Padang ke depan. Seperti mengajak masyarakat melakukan dan mendukung program vaksinasi, mentaati protokol kesehatan (prokes) serta menggerakkan ekonomi masyarakat di masa pandemi dan lainnya," ungkap Wako Padang tersebut.

Kegiatan ISCFE dan Rakernas Apeksi 2021 yang digelar selama 13-15 Oktober 2021 itu, diselenggarakan oleh Apeksi berkolaborasi dengan PT Garindo Media Tama yang dipusatkan di The Rich Jogja Hotel Jl. Magelang No.18 KM 6, Yogyakarta, DI .

Adapun rangkaian kegiatan berskala nasional tersebut yakni, mulai dari Rakernis Apeksi yang membahas topik “Mewujudkan Ekosistem Smart City yang Berkelanjutan dalam Menghadapi Pandemi” hingga menyusun Rekomendasi Rakernis Apeksi yang digelar Kamis 14 Oktober 2021.

Dalam rangkaian kegiatan Rakernis ini juga ada Pameran Indo Smart City Expo 2021 yang menampilkan perusahaan-perusahaan teknologi informasi dan produk-produk unggulan dari masing-masing pemerintah kota, perusahaan daerah, perusahaan Nasional, perusahaan swasta dan lain-lain yang diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2021.

Selain itu kegiatan juga diisi dengan forum-forum seminar pada 13-14 Oktober 2021 terdiri dari Forum I dengan tema “Kesiapan Ekosistem Smart City di Indonesia”. Lalu Forum II dengan tema “Smart City Sebagai Solusi Dalam Menghadapi Pandemi”, Forum III dengan tema “Smart City: Ekonomi, Lingkungan dan Pariwisata. 

Tak hanya itu, juga ada kegiatan bersepeda santai atau 'Gowes Bareng' bagi para wali kota se-Indonesia pada Kamis 14 Oktober 2021 yang dimulai dari pukul 05.30-08.00 WIB.(Dv/AR/Prokompim Pdg)

 
Top