Padang– Wali Kota Padang Hendri Septa bertemu dengan para tuo silek (guru silat) se-Kota Padang dan Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (9/12/2021).

Dalam pertemuan yang digelar oleh Pemko Padang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang tersebut, Wako Hendri Septa mengharapkan terciptanya sinergi antara pemerintah kota dan para tuo silek untuk memajukan silat sebagai cabang olah raga maupun warisan budaya.

"Kami berharap para tuo silek dapat mengajarkan dan mewariskan ilmu silatnya kepada anak nagari dan menjadikan silat terpaut di hati anak nagari," tutur Wako. 

Harapan tersebut rupanya sejalan dengan keinginan para tuo silek, yang berharap 
gelanggang silat dapat dihidupkan kembali di setiap kecamatan, sebagai pusat kegiatan anak nagari.

Sebagai bentuk apresiasi, di kesempatan itu Wako menyerahkan uang transportasi selama 1 tahun kepada para tuo silek se-Kota Padang, juga bonus bagi pelatih dan atlet yang telah mengukir prestasi di ajang PON, PEPARNAS, PEPARPEDA dan POPDATAHUN 2021.

"Semoga pemberian uang transport maupun bonus ini dapat menjadi motivasi bagi para penerima, dalam hal ini tuo-tuo silek, maupun pelatih dan atlet yang telah menghadiahkan medali bagi Kota Padang di sejumlah event olahraga bergengsi beberapa waktu lalu. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan, jika perlu ditingkatkan," pungkas Wako. (Prokompim Pdg)
 
Top