Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen mendukung penuh program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 dengan menyiapkan berbagai program diskon dan paket menarik hotel dan restoran bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumbar disepanjang tahun 2023.

Hal ini terungkap saat coffee morning Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy bersama jajaran pengurus dan anggota Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Sumbar serta pimpinan hotel dan restoran, di Pangeran Beach Hotel, Padang, Jumat (29/7/2022).

Ketua PHRI Sumbar Rina Pangeran, yang sejak awal berkomitmen memajukan ekonomi kreatif Sumbar, menyampaikan bahwa sesungguhnya destinasi wisata Sumbar sangat diminati wisatawan nusantara dan mancanegara.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda setiap tahun tak kurang dari 50 ribu wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Barat didominasi oleh wisatawan dari Malaysia.

"PHRI Sumbar siap mensukseskan Visit Beautiful West Sumatera 2023, membangun pariwisata di Sumbar dan ingin membangun pasar yang mampu mengembangkan perekonomian daerah,” kata Rina.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi dukungan PHRI dengan berbagai program.yang telah dan yang akan dilaksanakan. Secara khusus gubernur juga meminta kepala OPD terkait untuk memberikan support diantaranya mengirimkan siswa SMK jurusan kesenian untuk tampil di berbagai ivent yang ada di hotel.

"Kita apresiasi program dan kegiatan PHRI Sumbar karena sangat mendukung pariwisata Sumbar. Untuk kesenian, kita akan kirimkan siswa-siswa SMK kesenian untuk tampil di hotel. Termasuk UMKM, banyak produk UMKM Sumbar yang bisa disinergi dan kerjasamakan dengan hotel," ujar gubernur.

Buya Mahyeldi juga menambahkan, Pemprov.Sumbar saat ini juga tengah memfokuskan perhatian pada beberapa destinasi wisata andalan di Sumbar seperti danau-danau di Sumbar. Termasuk Danau Maninjau, Pemprov telah menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat setempat untuk menyiapkan lahan untuk jalan alternatif dari Malalak tembus ke Bayur, sepanjang 11 km.

Selain itu, untuk memperlancar jalur transportasi ke Kota Bukittinggi, khususnya menghindari macet di Padang Lua, menurut gubernur saat ini Pemprov Sumbar juga sedang mengupayakan pelanjutan jalan bypass.

"Ini semangat kita bersama. Kita tak bisa kerja sendiri, perlu dukungan PHRI juga," tambah gubernur.

Hal senada juga disampaikan Wagub Audy. Wagub mengapresiasi program PHRI. Secara khusus Wagub berharap PHRI bisa menggandeng UMKM Sumbar yang juga bisa menyediakan berbagai kebutuhan hotel, mulai dari pernak-pernik kamar, toiletris hingga sendal hotel.

"UMKM kita siap bersaing. Variasi produknya juga sangat banyak. Untuk kualitasnya juga tidak kalah," kata Wagub.

Dalam coffee morning yang berlangsung santai ini, anggota PHRI juga menyampaikan beberapa informasi dan masukan demi peningkatan pariwisata Sumbar. Diantaranya PHRI diakhir tahun ini akan menggelar fashion week 2022 yang menampilkan produk-produk khas Minangkabau, mulai dari tenun hingga batik. PHRI jiga berharap pemerintah daerah bisa segera mengupayakan dibukanya kembali jalur penerbangan internasional.

Turut hadir dalam coffee morning tersebut kepala OPD lingkup Provinsi Sumbar, diantaranya Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kadis Kebudayaan Syaifullah, Kadis Koperasi dan UKM Nazwir, Kadispora Dedy Diantolani dan Kepala DPMPTSP Adib Alfikri.(doa/MMC)

 
 
Top