Wakil Gubernur Sumatera.Barat Audy Joinaldy, Kamis (25/8/22), meninjau sekaligus menyusuri lokasi konstruksi jalan tol ruas Padang-Sicicin untuk meninjau persiapan pengerjaan lanjutan jalan tol Padang-Pekanbaru tersebut.

Dikatakan Wagub, pembebasan tanah saat ini telah lebih dari 70 persen dari 36,15 km ruas Padang-Sicicin, dengan total lahan tersambung sepanjang 12 km. Dengan begitu pekerjaan sudah dapat dimulai secara simultan bersamaan sisa proses pembayaran UGK yang terus dipacu.

"Jadi insyaAllah awal bulan sudah bisa dimulai, karena tiap minggu penyelesaian UGK berjalan terus," kata Wagub.

Sementara untuk bidang-bidang tanah yang masih belum bebas di Nagari Kapalo Hilang, Wagub menargetkan akan selesai sebelum akhir tahun.

"Jadi yang disini dulu, Kapalo Hilalang kan di ujung sana, aktivitasnya mungkin tahun depan, tapi tanahnya tahun ini harus sudah selesai," ungkapnya.

Sementara itu, Project Director Tol Jalan Tol Padang-Sicincin Hutama Karya, Marthen Robert Singal menjelaskan, meski lebih dari 70 persen lahan sudah bebas, masih ada akses-akses jalan kendaraan proyek yang belum bebas. Hal ini yang menjadi penyebab baru 12 km lahan tersambung. (MC Prov Sumbar)
 
Top