PADANG - Seribuan anak-anak di Kota Padang yang berada di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), mengikuti kegiatan ‘Manasik Haji’ yang diselenggarakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Padang di UPT Asrama Haji Parupuk Tabing Padang pada Rabu dan Kamis (14-15/9/2022). 

Kegiatan yang memperagakan salah satu bahagian dari Rukun Islam itu, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Rabu (14/9/2022) pagi.

Bunda PAUD Kota Padang menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas tingginya antusias murid PAUD yang mengikuti Peragaan Manasik Haji sebagai edukasi bagi generasi muda.

"Kegiatan Manasik Haji ini sangat penting bagi anak-anak kita yang harus dimulai dari usia dini. Semoga dapat menanamkan nilai-nilai agama bagi mereka dan menjadikan mereka generasi yang saleh dan salehah tentunya. Mudah-mudahan anak-anak kita ini benar-benar kelak bisa menunaikan ibadah haji ke Baitullah (Makkah)," ungkapnya.

Lebih lanjut istri Wali Kota Padang Hendri Septa itu juga menyiratkan pentingnya edukasi terhadap ibadah haji di samping pendidikan lainnya bagi generasi muda.

"Terima kasih kepada Himpaudi Kota Padang yang rutin tiap tahun menggelar kegiatan Manasik Haji ini. Alhamdulillah, anak-anak kita dalam kegiatan ini diperkenalkan seputar tatacara dan adab yang harus dilakukan dalam rangkaian pelaksanaan haji. Begitu juga bacaan-bacaan yang mesti dilafalkan sehingga terus melekat diingatan," ujarnya. 

“Semoga dengan upaya ini mereka mulai mengenal Islam dan apa-apa saja perintah yang dianjurkan termasuk menunaikan ibadah haji nantinya,,” sambung Bunda PAUD Kota Padang yang disambut antusias murid PAUD beserta orang tua di kesempatan itu.

Sementara itu Ketua Himpaudi Kota Padang Desi Susanti yang selaku penyelenggara kegiatan menyebutkan, kegiatan Manasik Haji kali ini diikuti sebanyak 2.400 lebih murid PAUD se-Kota Padang. 

"Kegiatan ini dibagi dengan dua hari pelaksanaan dimana hari pertama, Rabu (14/9/2022) diiikuti murid PAUD sebanyak 6 (enam) kecamatan di Kota Padang. Sedangkan pada keesokan harinya 5 (lima) kecamatan lagi," sebutnya. 

Selaku Ketua Himpaudi Kota Padang Desi Susanti bertekad ikut membantu terciptanya dunia pendidikan Kota Padang yang lebih baik dan lebih maju lagi ke depan. 

"Upaya ini bahagian mendukung visi Wali Kota Padang yaitu “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul, Serta Berdaya Saing. Kita dari Himpaudi siap membantu mewujudkannya," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir Plt Kadisdikbud Kota Padang yang diwakili Kabid PAUD Dikmas,A.H. Azmi serta penilik dan tenaga kependidikan PAUD se-Kota Padang dan unsur terkait lainnya. (Dv/Prokopim Pdg)
 
Top