Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy meninjau lokasi pembangunan akses jalan prioritas nasional Pelabuhan Teluk Tapang di Aia Bangih, Pasaman Barat, Sabtu (24/9/2022). 

Jalan sepanjang 43 Km ini merupakan salah satu pendukung konektivitas dan kemajuan perekonomian di wilayah Kabupaten Pasaman Barat karena menguhubungkan kebun-kebun penghasil CPO (Cruid Palm Oil) ke pelabuhan.

Wagub mengatakan, meski masuk dalam prioritas nasional dengan penganggaran APBN sebesar Rp216 miliar, untuk kelanjutan pembangunan akses jalan terdapat beberapa komitmen yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Termasuk diantaranya pembangunan empat jembatan penghubung yang dibiayai APBD Pemprov Sumbar senilai Rp50 miliar.

"Dari empat ini paling tidak harus sudah kita realisasikan sebelum 2024 supaya bisa terus berlanjut," terang Wagub.

Wagub menjelaskan proyek pembangunan jalan melalui APBN sudah dimulai sejak 9 September lalu. Sementara untuk pembangunan jembatan penghubung akan segera dipersiapkan agar bisa dicicil dimulai dari awal tahun 2023 nanti.

Selain jalan menuju Teluk Tapang, Wagub juga meninjau pekerjaan-pekerjaan peningkatan dan perbaikan kondisi jalan di Pasaman Barat. Hingga akhir tahun terdapat 98 pekerjaan peningkatan kondisi tanah dan jalan masing-masing sepanjang 150 sampai dengan 160 meter.

Pada kontraktor pekerjaan jalan Wagub mengatakan agar pembangunan betul-betul menjaga spesifikasi yang sudah ditentukan sehingga jalan yang sudah dilakukan peningkatan awet dan tidak cepat rusak. (MC Prov Sumbar)

 
 
Top