Sumbar – Dalam rangka mewujudkan SDM unggul Polri Presisi untuk meraih kepercayaan masyarakat, Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumbar melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan dengan Polres sejajaran, dengan tema Mewujudkan SDM UNGGUL POLRI Presisi untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat, pada Selasa (13/12) siang di Lantai 4 Mapolda Sumbar.

Kapolda Sambar Irjen Pol Suharyono dalam sambutannya mengatakan  tema ini merupakan tindak lanjut dari arah Kebijakan Pemerintah yang saatbini berfokus pada pembangunan sumber daya manusia, yaitu menuju SDM Unggul Indonesia Maju.

Kapolda sumbar juga menambahkan, Tema yang diusung dalam Rakor tersebut sejalan  dengan program Prioritas Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yaitu mewujudkan SDM Unggul,  meliputi Peningkatan Kuantitas dan Kualitas SDM, pengelolaan SDM unggul yang humanis, perluasan kerja sama pendidikan didalam dan luar negeri, dan peningkatan sistem manajemen karier berbasis kinerja, serta peningkatan kesejahteraan pegawai Polri.

Lebih lanjut Kapolda Sumbar menjelaskan, Pembenahan sistem sumber daya manusia yang unggul dimulai dari penilaian 13 komponen. Dimana anggota yang masuk  unggul tersebut diharapkan bisa memberikan teladan dan pengaruh positif bagi anggota yang lain, dan akan tercipta kultur budaya Polri yang Sehat.

Selain SDM yang unggul, tentunya Polri
memerlukan SDM yang berkarakter atau memiliki kultur baik sehingga bisa mewujudkan Polri yang dekat dan dicintai masyarakat.

Dalam Rakor tersebut, Kapolda Sumbar menyampaikan tiga point penting yang harus dipedomani oleh anggota. Pertama Senantisa melaksanakan kebijakan tata kelola SDM aparatur yang lebih transparan dan akuntabel dengan memperhatikan kompetensi, data SIPP, Rekam Jejak dan sistem informasi penilaian kinerja (SIPK) yang objektif. Kedua meminimalisir segala bentuk bentuk penyimpangan dan stres anggota dengan mengimplementasikan revitalisasi sistem Binrohtal dan Psikologi serta peningkatan kesejahteraan anggota Polri. Dan ketiga tingkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya diangkat Polres agar kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin lebih baik.

Hadir dalam Rakor Bin SDM tersebut Wakapolda Sumbar, Pejabat Utama, Wakapolres yang mengikuti secara zoom dan para narasumber serta para pejabat pengembangan fungsi SDM dari satker dan kewilayahan.("
 https://tribratanews.sumbar.polri.go.id/2022/12/13/buka-rakor-bin-sdm-kapolda-sumbar-sampaikan-3-pedoman-penting/#:~:text=Buka%20Rakor%20Bin,satker%20dan%20kewilayahan.(
 
Top