PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa kembali melakukan pelantikan untuk jabatan Kepala Sekolah dan juga Pengawas Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang.

Kali ini, sebanyak 28 orang yang terdiri dari jabatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah secara resmi dilantik sang Wali Kota di Palanta Kediaman Resminya, Sabtu (31/12/2022) pagi.

Seperti diketahui, pelantikant tersebut berdasarkan Keputusan Wali Kota Padang No.676 Tahun 2022. Untuk jabatan Kepala Sekolah yang dilantik yaitu 25 orang terdiri dari Kepala Sekolah SMPN sebanyak 19 orang, lalu 4 orang Kepala Sekolah TK serta 2 orang yang menempati jabatan Kepala SPNF Wilayah I dan II.

Sementara untuk jabatan Pengawas Sekolah yang dilantik sebanyak 3 orang dimana sebelumnya mereka menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah SDN. 

Dalam sambutan dan arahannya Wali Kota Hendri Septa terlebih dahulu menyampaikan selamat dan sukses kepada para Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah SD yang baru dilantik tersebut.

Menurutnya, tugas sebagai Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah merupakan tugas yang sangat berat. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut dibutuhkan orang yang benar-benar profesional dan berkompeten.

"Untuk itu, kepada bapak ibu Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang baru saja dilantik saya harapkan membuktikan bahwa kita adalah seorang pemimpin yang amanah. Kita harus melihatkan bahwa kita adalah orang yang profesional dan layak dipercaya memegang tugas sebagai Kepala Sekolah dan juga Pengawas Sekolah," ujar Wali Kota menekankan. 

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang itu berharap, melalui pelantikan ini terjadinya peningkatan mutu pendidikan di Kota Padang. Begitu pula peningkatan kuantitas anak usia sekolah serta percepatan kinerja capaian pendidikan ke depan.

"Kita semua harus selalu amanah dan membawa manfaat dan hasil yang lebih maksimal dalam upaya meningkatkan mutu, relevansi dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan di Kota Padang. Mari perlihatkan kinerja, prestasi sekolah dan juga prestasi anak didik yang kita pimpin," sambungnya.

"Apabila semua Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah bisa demikian, maka tentu terjadilah peningkatan kualitas pendidikan di Kota Padang yang bermutu, berkarakter unggul dan berdaya saing," harap Wako Hendri menambahkan. 

Lebih jauh Wali Kota Milenial mengatakan bahwa seorang kepala sekolah merupakan manajer dalam mengembangkan kinerja dan prestasi sekolahnya. 

"Jabatan karir kepala sekolah merupakan jabatan strategis selaku perpanjangan tangan Disdikbud Kota Padang sekaligus ujung tombak pencapaian standar nasional pendidikan. Untuk itu, dalam bekerja hendaklah memegang teguh integritas dan profesionalisme. Silahkan lahirkan terobosan dan inovasi yang tujuannya tentu demi kemajuan sekolah yang dipimpin," jelasnya. 

Selain itu, Wako Hendri menyebut terkait jabatan Pengawas Sekolah berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang pengawasan yang mencakup pengawasan di bidang akademi dan manajerial pada satuan pendidikan.  

"Jabatan Pengawas Sekolah memiliki andil yang tak kalah strategis dalam penyelenggaran pendidikan. Untuk itu mari bekerja dengan baik dan benar serta profesional," pungkas Wali Kota Padang mengakhiri.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Sekda Andree Algamar, Kepala Inspektorat Syuhandra, Kepala BKPSDM Arfian serta Kepala Disdikbud Yopi Krislova dan sejumlah kepala OPD terkait lainnya. (Dv/Prokopim Pdg)
 
Top