Solok Selatan -- Memasuki malam Ramadan ke-22, Tim Safari Ramadan (TSR) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat berkunjung ke Masjid Ihya, Jorong Batang Pasampan, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, Kabupaten Solok Selatan, Rabu (12/04/2023).

Pada kunjungan kedua TSR Sekretaris Daerah di Kabupaten Solok Selatan itu, Mewakili Sekdaprov Sumbar Hansastri, Kepala Dinas Perhubungan Dedy Diantolani mengingatkan kembali warga Solok Selatan akan imbauan pemerintah jelang lebaran Idul Fitri 1444H. Utamanya mengenai kebijakan pemerintah dalam menjaga kelancaran Lalu lintas arus mudik, kebersihan, serta kenyamanan di tempat wisata.

"Kurang dari 10 Hari lagi kita akan berlebaran. Tahun ini kampung kita akan sangat ramai karena kunjungan ke Sumbar diprediksi melonjak empat kali lipat. Karenanya perlu kita antisipasi bersama potensi kemacetan dan memastikan kenyamanan berwisata selama libur lebaran," ujar Dedy Diantolani.

Diterangkan Kadishub Sumbar itu, pada Sabtu (08/04/2023) lalu pihaknya telah melakukan uji coba kebijakan pengalihan satu arus atau one way di jalur Padang-Bukittinggi. Menurut Dedy, uji coba yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang sangat baik. Laju kendaraan dari Sicincin hingga Padang Lua yang dialihkan menjadi jalur satu arah, berjalan sangat lancar. Perjalanan sepanjang kurang lebih 40 km itu dapat ditempuh kurang dari 45 menit dengan kecepatan rata-rata berkendara 60 km/jam, demikian pula sebaliknya.

Meski demikian, Ia memohon pengertian pengendara yang menempuh jarak lebih pendek di antara jalur pengalihan arus untuk merencanakan perjalanan menyesuaikan kebijakan jalur one way selama H-3 hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri.

"Mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat upaya kita ini sukses mengurangi kemacetan selama libur lebaran nanti," lanjutnya.

Diakui Dedy, menghilangkan kemacetan memang belum bisa dilakukan, apalagi pada saat mudik lebaran, mengingat lonjakan jumlah pengendara yang berlipat ganda. Dedy berharap selesainya pembangunan jalan tol nantinya dapat menjadi jawaban bagi kemacetan dijalur-jalur yang dipadati kendaraan.

Berkaitan dengan itu, Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menuturkan, di jalur selatan Sumbar, upaya lanjutan peningkatan jalan tembus Sungai Sungkai (Solsel) menuju Sungai Rumbai (Dharmasraya) terus diupayakan oleh Pemkab Solok Selatan.

Jalan yang diyakini akan mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut, juga bakal mempersingkat jarak tempuh dan konektivitas masyarakat lintas Provinsi Jambi, Sumbar dan Riau, serta terkoneksi dengan Jaringan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Jalur tersebut nantinya juga akan terkoneksi dengan rencana exit tol Dharmasraya – Rengat diprediksi akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan," ungkap Yulian Efi. 

Pada kesempatan yang sama Dedy Diantolani menyerahkan bantuan Pemprov Sumbar bagi pengurus Masjid Ihya berupa uang sebesar Rp. 50 juta berikut 10 mushaf Alquran dan 10 kain sarung. Sementara Yulian Efi menyerahkan bantuan pendidikan senilai Rp. 15 juta untuk 17 pelajar dan bantuan konsumtif lansia sebesar Rp. 10 juta.
 
Top