Kamis, 13 April  2023 Bapenda Prov. Sumbar yang diwakili oleh UPTD SIPD melakukan kegiatan survey lokasi kantor yang akan dijadikan  tempat pelayaan samsat nagari di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Survey lokasi ini yang ke tiga dilakukan dari empat lokasi samsat nagari yang rencanakan dalam waktu dekat ini. Hadir dalam kunjungan tersebut Bapenda diwakili oleh Kepala UPTD SIPD (A. Suhendri) beserta jajaran, Kepala Samsat Painan (Hidayat) beserta jajaran, Kanit Regiden (A.W. Siregar), Jasa Raharja (Fadil Iqbal) dan Bank Nagari.

 

Kepala Samsat Painan menyampaikan kendaraan tidak daftar ulang di Kabupaten Pesisir Selatan termasuk banyak. Hal ini terjadi karena wilayah Pesisir Selatan yang sangat luas, namun akses masyarakat dalam menunaikan kewajibannya masih belum maksimal karena kendala jarak yang jauh. Berdasarkan permasalah tersebut maka pembukaan samsat Nagari di Tapan ini sangatlah penting untuk disegerakan dalam upaya kemudahan layanan kepada masyarakat dalam membayar pajak. 

 

Ketua Tim Bapenda Prov. Sumbar A. Suhendri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada tim dari Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan karena telah memberikan izin kepada Pemprov. Sumbar untuk membuka pelayanan Samsat Nagari.  Saat ini di Kabupaten Pesisir Selatan telah beroperasional Samsat Nagari di Balai Selasa. Jika layanan samsat nagari ini tereralisasi, ini akan menjadi samsat nagari yang kedua di Kabupaten Pesisir disamping layanan samsat lainnya. Lokasi kantor samsat nagari direncanakan akan beroperasional di Gedung Pelayanan Pemerintahan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Di Tapan. Berada di jalur lintas Sumatera yang tentunya mudah untuk di akses masyarakat. Selain itu fasilitas listrik, jaringan, saran dan prasarana yang terdapat di gedung tersebut sudah sangat baik, sehingga tidak membutuhkan renovasi atau persiapan yang berat dalam proses pembukaan layanan samsat nagari.
 
Top