Padang, --Humas Sebanyak 39 titik di Sumatera Barat yang dinaubatkan sebagai Kampung Moderasi Beragama hari ini resmi di launching. Berkesempatan hadir Kepala Kantor Wilayah Kementarian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Kakak Kemenag Kota Padang, H. Edy Oktafiandi sekaligus melaunching Kampung Moderasi Beragama pada Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Rabu (26/07). 

Kegiatan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama Binaan Penyuluh Agama Kota Padang yang dilaksanakan di Aula Panti Asuhan Asy Siyah Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo ini turut dihadiri Walikota padang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ketua FKUB Kota Padang, perwakikan dari Kapolsek Nanggalo, perwakilan Danramil Kecamatan Nanggalo, Camat Nanggalo, Bundo Kanduang serta Tokoh Masyarakat dan Ormas di keluarahan tersebut. 

Kakanwil dalam arahannya menginformasikan bahwa untuk di Sumatera Barat ada 39 titik KMB yang di launching hari ini, sedangkan untuk tingkat nasional akan ada 1000 KMB yang akan dilaunching langsung oleh Menteri Agama, Yaqub Cholil Qaumas secara zoom pada pukul 14.30 siang ini. 

Kakanwil mengucapkan terimakasih nya atas seluruh kontribusi semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Iya menekankan bahwa Moderasi beragama bukanlah moderasi Agama. 

"Yang di moderasi itu adalah beragamanya buka  agamanya, karena setiap agama itu sudah saling menghargai kemanusiaan," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa ada 4 indikator moderasi beragama yaitu, Nasionalisme, Toleransi, anti kekerasan dan adaktif terhadap budaya lokal. 

Sementara Kakan Kemenag Kota Padang , H. Edy Oktafiandi melaporkan bahwa untuk Kelurahan Kampung olo itu ada sebanyak 532 jiwa dengan 20 diantaranya Non Muslim. 

"Dan saat ini hadir pada acara ini, " ujarnya. 

Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi syarat tahapan dalam pembentukan Kampung Moderasi beragama di Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo tahun 2023 dan di seluruh kelurahan di Indonesia khususnya Kota Padang dan di Sumatera Barat dan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang program KMByang mendorong kerukunan dan kesatuan umat beragama dan masyarakat. 





Sementara Walikota Padang yang diwakili menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini dan akan mendukung dan mensupport adanya KMB ini dan siap membantu demi mencapai Kota Padang yang damai. 

"Saat ini sudah ada 11 Kampung di Kota Padang, mulai dari Kampung Nelayan, Kampung kB, Kampung Adat dan sekarang ada Kampung Moderasi Beragama, semoga dengan adanya KMB ini kita bisa belajar bagaimana cara beragama itu yang benar," usainya. 

Adapun yang menjadi peserta kegiatan ini adalah unsur pemerintahan Kota Padang, Kecamatan Nanggalo Kelurahan dan unsur dari Kementerian Agama, Ormas Islam, RT dan RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat kampung olo Nanggalo, anggota Pokja, pengurus mesjid dan Mushala serta umat beragama yang berada di kampung olo nanggalo.

Launching KMB ini ditandai dengan penandatanganan piagam KMB Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo oleh Kakanwil.

Usai melaunching KMB di Kelurahan Kampung Olo Kecamatan Nanggalo, Kakanwil, H. Helmi beserta beberapa orang Kepala Bidang dan Pembimas mengikuti launching seribu Kampung Moderasi tingkat Nasional oleh Menteri Agama yang dilaksanakan secara zoom meeting. [DW]

 
Top