PADANG, –Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Remaja Masjid Darul Huda yang berada di Perumdam, Siteba, Kota Padang menggelar lomba azan. Sebanyak 186 peserta yang dibagi menjadi kelompok anak-anak dan kelompok remaja, unjuk kebolehan dalam melantunkan azan.Dan peserta terdiri dari tingkat SD, SMP, SMA yang berdomisili di kecamatan Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat. 
Dedi Defriadi selaku sponsor utama lomba azan tersebut menjelaskan, salah satu tujuan lomba ini digekar agar menciptakan kepercayaan diri pada generasi penerus untuk melakukan azan di masjid.

“Pada saat ini yang melakukan azan di mesjid mayoritas muazin yang telah berusia 40 tahun ke atas. Dengan kegiatan ini kita harapkan ke depan, yang melakukan azan di masjid para muazin remaja. Tentunya telah akil balig ucapnya, Sabtu, (12/8).




Dedi Defriadi menambahkan, lomba azan ini dilakukan bertujuan memberikan kegiatan-kegiatan positif bagi remaja, agar terhindar dari prilaku menyimpang yang dapat merugikan dirinya sendiri, keluarga, dan lingkungan sosial.
“Kita lihat sendiri. Tawuran momok yang menakutkan di Kota Padang. Dengan lomba azan ini, diharapkan dapat memberikan energi positif bagai para generasi muda,” jelasnya.
Untuk mensukseskan lomba azan yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 13 Agustus 2023 ini, Dedi Defriadi menjelaskan, pihaknya melibatkan juri-juri yang ahli di bidangnya.

“Kita menghadirkan tiga orang juri dari Masjid Raya Sumbar dan Masjid Raya Nanggalo. Kriteria yang akan dilihat adalah, adab, tajwid, dan irama,” ungkapnya.
Untuk merangsang animo anak-anak dan remaja, tidak tanggung-tanggung panitia menyediakan hadiah berkisar Rp400 ribu hingga Rp1 juta.
“Kita menyediakan hadiah. Untuk kelas remaja berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Sedangkan untuk kelas anak-anak berkisar Rp400 ribu hingga Rp700 ribu,” tutupnya. 


 
Top