Jakarta--- Fashion Show Pesona Batik Minang Rang Kabupaten Solok tampil di Jakarta Covention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (16/09/23).

Kegiatan yang diperagakan oleh Kids fashion Show yang merupakan Cucu dari Wakil Presiden RI, Panglima TNI, dan para Pejabat Tinggi Negara mendapat perhatian cukup besar dari Pengurus Dekranas Pusat dan Daerah Sumatera Barat.

Dari penampilan para peraga dengan batik khas Kabupaten Solok dibawah binaan Ketua Dekranasda Kabupaten Solok Ny.Emiko Epyardi Asda cukup membuat pengunjung berdecak kagum dengan corak warna yang tampil berciri khas Kabupaten Solok.

Terlebih kehadiran Bupati Solok Epyardi Asda dengan batik khas Kabupaten Solok yang didampingi Ny.Emiko Epyardi Asda. Juga hadir Ketua Harian Dekranas Pusat, Para Ketua Bidang Dekranas beserta Pengurus , Istri Mantan Wakil Presiden Ibu Mufidah Yusuf Kalla, Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi, Wakil Ketua Dekranasda Prov. Sumatera Barat, dr. Fitria Amalia Umar, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Sumatera Barat, Ketua Umum Indo Jalito Peduli, Asri Asgani, dan Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Solok, Ahpi Gusta Tusri

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengakui selama 2 tahun kepemimpinannya, telah banyak yang dilakukan untuk kemajuan pengrajin, terutama bersama pengurus melakukan pembinaan kepada pengrajin Kabupaten Solok hal itu sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Bahkan kata Emiko,"Produk–produk Kabupaten Solok sudah mulai dikenal di tingkat Nasional, dan mendapat dukungan dari Ketua Umum Dekranas Pusat Ibu Wuri Makruf Amin yang berkunjung ke Kabupaten Solok tanggal 20 Juli lalu.

“Semoga wastra batik minang dan tenun Kabupaten Solok menjadi wastra pilihan dan berada di hati masyarakat,”harap Emiko lagi.

Sementara Bupati Solok Epyardi Asda, mengakui sangat mengapresiasi  para pembatik yang memproduksi batik khas Kabupaten Solok. 

“Kegiatan merupakan wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya untuk mendorong menciptakan dan pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” jelas Epyardi Asda.

Dan berharap dapat mengangkat nama Batik Minang Kabupaten Solok sehingga dapat  lebih dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Mudah-mudahan dengan adanya event ini dapat memberikan motivasi dan inovasi, serta meningkatkan daya saing produk-produk perajin Dekranasda khususnya untuk Dekranasda Kabupaten Solok untuk lebih berkreasi lagi,” tukasnya mengakhiri. 

 
Top