PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik dan mengapresiasi atas dilakukannya pengukuhan bagi Pengurus Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (DP-MUI) Kecamatan se-Kota Padang Masa Khidmat 2022-2027.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Ketua MUI Kota Padang Japeri di Masjid Agung Nurul Iman, Rabu (21/12/2022) siang.
"Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang kita mengucapkan selamat dan sukses bagi para ketua dan pengurus MUI di 11 Kecamatan se-Kota Padang yang dikukuhkan hari ini. Kita sangat berharap, semuanya dapat mengemban amanah serta menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik," harap Wali Kota dalam sambutan dan arahannya. 

Selanjutnya Wako agamis itu juga berharap, kepengurusan yang baru dikukuhkan itu semakin memantapkan hubungan silaturahmi, sinergi dan kerjasama para ulama dengan Pemko Padang dan unsur terkait lainnya dalam melakukan hal-hal kebaikan di Kota Padang. 

"Terutama sekali dalam mensyiarkan Islam sekaligus menciptakan masyarakat khususnya generasi muda kita yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah SWT," sambungnya. 

Lebih lanjut Wako Hendri pun mengakui pentingnya keberadaan ulama di tengah masyarakat. Apalagi hal itu didasari sesuai corak kehidupan di Minangkabau yang berlandaskan filosofi "Adat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah" (ABS-SBK).

"Ulama harus selalu terdepan dalam menangani persoalan agama di tengah masyarakat. Maka itu, melalui keberadaan MUI baik di tingkat kota hingga ke sebelas kecamatan di Kota Padang saya berharap terus mendukung program keagamaan dari Pemko Padang. Mulai dari Wirid Remaja, Didikan Subuh hingga Pesantren Ramadan dan masih banyak lagi lainnya."

"Baru-baru ini saya sudah mencanangkan program wajib hafal Alquran juz 30 (juz amma) bagi murid SD dan SMP negeri se-Kota Padang. Kita harapkan MUI dapat mendukungnya," pungkas orang nomor satu di Kota Padang itu.

Sementara itu Ketua MUI Kota Padang Japeri menyebutkan, keberadaan MUI Pusat hingga tingkat daerah dan kecamatan sangat penting karena memiliki peran dan fungsi sebagai wadah mengembangkan serta mengamalkan ajaran Islam, lalu menggalang ukhuwah islamiyah, wathaniyah dan insaniyah.

"Selain itu MUI juga berperan mewakili umat dalam rangka merawat dan melestarikan kehidupan masyarakat yang rukun, harmonis, aman dan sejahtera dalam bingkai NKRI. Kita berharal jajaran pengurus MUI di semua kecamatan selalu aktif melakukan upaya pendekatan, responsif, dan upaya preventif terhadap berbagai persoalan keumatan dan kemasyarakatan. Sehingga dengan itu berbagai persoalan yang muncul dapat teratasi sedini mungkin," ujar mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Padang tersebut.

Dalam kesempatan itu juga hadir unsur Forkopimda Kota Padang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Padang Edi Hasymi bersama Kabag Kesra Fuji Astomi dan Camat se-Kota Padang. 

Selain itu juga hadir Sekretaris MUI Sumbar Bapak Syamsul Akmal serta perwakilan Baznas Kota Padang dan unsur teekait lainnya. (Dv/Prokopim Pdg)
 
Top