Kabupaten Solok – Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, menghadiri Upacara Pembukaan Pameran Kerajinan Tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2023, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (1/03/2023).

Inacraft 2023 Ini, akan hadir selama lima hari, mulai dari tanggal 1 sampai 5 Maret mendatang. Tercatat 1.118 peserta UMKM mengikuti pameran ini. Mereka menghadirkan kerajinan tangan yang dapat dibeli oleh pengunjung.

Sederet Menteri, ikut menghadiri Pameran bertajuk “The 23 Jakarta International Handicraft Trade Fair” itu.

Antara lain, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki.
Juga hadir, Ketua Umum ASHEPI, Muchsin Rudhan, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman dan Gubernur se – Indonesia lainya, Bupati / Walikota se – Indonesia, Ketua Dekranasda se – Indonesia dan Pengrajin se – Indonesia.

Ketua Dekranasda Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, pada kesempatan acara itu kepada media ini menyebutkan, titik berat Pemerintah dibawah kepemimpinan Bapak Bupati Solok H. Epyardi Asda ini juga memang di bidang UMKM.

Maka dari itu kata Hj. Emiko, kami bersama Bapak Bupati, selalu turun kelapangan. Untuk mengetahui, apa saja kebutuhan masyarakat dibidang UMKM ini. Sehingga kata Hj. Emiko, kami bisa membantu para penggiat UMKM di Kabupaten Solok.

” Mudah-mudahan, dengan adanya Pameran Inacraft ini, produk UMKM Kabupaten Solok ini, akan semakin dikenal di Nasional maupun Internasional ” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam sambutanya antara lain mengatakan, Pameran ini dapat menjadi ajang yang tepat, untuk berinteraksi dan bertukar informasi.

” Selain itu, juga mempererat hubungan antar daerah maupun antar negara ” tukasnya.

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Exportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Muchsin Ridjan mengatakan, INACRAFT ke – 23 ini, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Ikon Pameran, ujar Muchsin, menampilkan produk-produk kerajinan unggulan dan kreatif, sekaligus mengangkat kekayaan tradisi, seni, dan budaya Sulawesi Selatan.

” Dengan tagline, “The Authentic South Sulawesi”. bebernya.

Sedangkan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kini sedang gencar mewujudkan misi, untuk mengembalikan kejayaan Sulawesi Selatan.

” Untuk mewujudkan misi itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencoba untuk memberdayakan UMKM dan meningkatkan standarisasi produk ” pungkasnya.(*)"
 http://andalaspos.com/ketua-dekranasda-kabupaten-solok-hadiri-pameran-kerajinan-tangan-terbesar-se-asia-tenggara-inacraft-2023/#:~:text=Admin,standarisasi%20produk%20%E2%80%9D%20pungkasnya.(*)
 
Top