Arosuka-- Bupati Solok Capt. H. Epyradi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar hadiri peresmian Mesjid H. Alius, bertempat di Kawasan Mesjid H. Alius, Nagari Koto Gaek Guguak, Senin (11/9/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati Solok selaku Kepala Daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar bapak Suhardi Alius atas partisipasinya membangun kampung halaman kita, yang telah membangun 2 Mesjid di Kabupaten Solok ini.

Alhamdulillah dalam jangka waktu 2 tahun ini telah banyak pembangunan yang terlaksana di Kabupaten Solok ini, melalui sistem Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat dimana kita langsung datang di tengah-tengah masyarakat dan mendengarkan apa saja yang dibutuhkan oleh Masyarakat,” ungkap bupati.

Dijelaskan Bupati pula bahwa saat ini di Kabupaten Solok tengah mengembangkan bidang Pariwisata, dan bertekad lebih meningkatkan lagi wisata Kabupaten Solok. “selama ini wisatawan mengatakan anda belum ke Sumatera Barat jika belum ke Bukit Tinggi, namun pada hari ini kami bertekad merubah itu menjadi “Anda Belum ke Sumatera Barat jika belum ke Kabupaten Solok” Ujar nya lagi.

Walinagari Koto Gaek Guguak, Mardi Handerson dalam sambutan nya mengucapkan alhamdulillah, hari ini kita dapat melihat Mesjid H. Alius yang berdiri hanya dalam waktu kurang lebih 6 bulan.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar bapak Suhardi Alius yang bersedia mendirikan Mesjid di Nagari Koto Gaek Guguak ini,” ucap Mardi.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph.D dalam kesempatan nya mengatakan, 2 tahun yang lalu pada tahun 2021 kita meletakkan batu pertama Mesjid Hj. Alisma Alius di Nagari Batang Barus, dan 6 bulan kemudian turut kita resmikan pada tahun 2022, saat ini kembali kita meresmikan kembali Mesjid H. Alius di tahun 2023.

“Disamping Mesjid ini sebagai tempat Ibadah, kita harapkan juga dapat bermanfaat sebagai sarana pendidikan bagi Anak-anak kita di nagari ini,” harapnya.

Sementara itu, perwakilan tokoh Minangkabau, Irman Gusman dalam kesempatan nya menyampaikan ucapan bangga dengan adanya putra Kabupaten Solok yang merantau hingga sukses, dan dapat membangun 2 buah mesjid yang luar biasa di kampung halamannya, ia berharap semoga ini bisa menjadi contoh bagi kita semua. 

Komisaris PT Taspen dan Pendiri Mesjid H. Alius, Suhardi Alius mengucapkan Alhamdulillah, masjid ini bisa rampung dibangun dalam waktu yang tidak lama. Semoga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk beribadah dan kegiatan positif lainnya. “Masjid ini merupakan masjid kembar yang saya bangun setelah pembangunan masjid Alisma Alius di Batang Barus,” ucap Suhardi Alius.

Inspektur Pengawasan Umum POLRI dalam kesempatan nya mengatakan, Ini pertama kali hadir di Kabupaten Solok, ia mengatakan sangat takjub dengan keindahan alam Kabupaten Solok.“Melalui kepemimpinan Bupati Solok saat ini kita yakin tekad.

“Anda Belum ke Sumatera Barat jika Belum ke Kabupaten Solok” dapat tercapai,” pungkasnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti tanda peresmian Mesjid H. Alius oleh Irwasum Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dan Pendiri Mesjid yakni Komjen Pol. (Purn) Drs. Suhardi Alius, MH serta disaksikan langsung oleh Bupati Solok bersama tamu undangan lainnya.

Juga Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Inspektur Pengawasan Umum Kepolisian RI (Irwasum Kepolisan)  Komjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si, Komisaris Utama PT. Taspen Komjen Pol. (Purn) Drs. Suhardi Alius, MH, Hakim Agung MA RI Dr. H. Prim Haryadi, SH, MH, Wakil Komisaris Utama PT. Bank Mandiri Drs. Andrinof Chaniago, M.Si, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.I.K, SH, Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Tokoh Minangkabau Irman Gusman , SE, MBA, Rektor Universitas Negeri Padang, Rektor Universitas Andalas, Forkopimda, Jajaran Direksi PT. Taspen, Walinagari Koto Gaek Guguak, Walinagari Tanjung Alai, serta Tokoh-tokoh Agama dan Adat Nagari Koto Gaek Guguak dan Tanjung Alai.

 
Top