PADANG - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan menunjang efektifitas proses belajar mengajar di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang terus berupaya merealisasikan pembangunan 500 ruang kelas baru (RKB) untuk SD dan SMP negeri di kota tersebut.


Sebagaimana diketahui, upaya ini merupakan satu dari sebelas program unggulan (Progul) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024.


"Alhamdulillah, hari ini kita sama-sama meresmikan satu RKB di SMPN 29 Padang. Semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga proses belajar mengajar di sekolah ini semakin optimal tentunya," harap Wako Hendri di sela peresmian RKB di SMP Negeri yang berada di Kurao Pagang tersebut.


Lebih lanjut Wako Padang juga menyampaikan pesan kepada para siswa agar terus belajar dengan giat sehingga kelak meraih cita-cita yang diingini di masa depan. 


"Semoga ananda semua sukses dan nantinya menjadi orang sukses dan calon-calon pemimpin bangsa di masa depan. Mari kita rajin belajar, terus kembangkan potensi diri dan terutama sekali ibadah jangan sampai lupa. Jangan lupa berbakti dan meminta doa restu dari orang tua, karena ridha Allah terletak kepada kedua orang tua," pungkas Wali Kota yang disambut antusias para guru dan murid di SMPN 29 saat itu.


Pada saat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 29 Nurhawilis menuturkan, satu RKB ini akan digunakan sebagai sarana belajar harian bagi siswa. Saat ini total ruang belajar di sekolah itu menjadi 28, yang sebelumnya hanya 27 kelas. 


"Alhamduillah, saat ini kelas kita sudah bertambah. Tentunya kita berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Padang. Melalui program unggulannya sarana kelas kita jadi meningkat. Ini juga sesuai dengan tingginya minat siswa SD untuk masuk ke sekolah kita," sebutnya.


Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova menyebutkan, hingga saat ini pihaknya sudah merampungkan sebanyak 229 RKB. Diantaranya 46 RKB untuk sekolah tingkat SMP dan 183 RKB untuk tingkat SD.


"Khusus tahun 2023, ditargetkan sisa pembangunan 271 RKB insya Allah akan segera diselesaikan pada akhir November 2023 ini," sebutnya.


Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala DKK Sri Kurnia Yati, Kepala Disdukcapil Teddy Antonius serta Kepala DPRKP Raf Indria dan Kepala Diskop dan UKM Fauzan Ibnovi.


Selain itu Kabag Prokopim Imral Fauzi serta Plh Camat Nanggalo Fuji Astomi dan jajaran bersama Lurah se-Kecamatan Nanggalo. Juga hadir Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir serta elemen masyarakat setempat. (Dv/Prokopim Pdg)

 
Top