Padang -  Rasa syukur dan bahagia terpancar di wajah siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Ampang. Pasalnya mereka yang selama ini belajar dua satu shift, kini bisa belajar satu shift.

Hal itu berkat sekolah yang mereka tempati selama ini telah dibangun gedung yang baru, dengan jumlah lokal yang memadai sehingga mereka belajar satu shift.

Peresmian Gedung Baru SDN 01 Ampang yang berlokasi di jalan Raya Ampang, Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji itu dilakukan langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (14/11/2023).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti, pelepasan balon dan pengguntingan pita oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

"Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan ruang kelas baru (RKB) SD Negeri 01 Ampang. Gedung baru ini telah membawa perubahan proses mengajar, yang mana dulu belajarnya dua sift, sekarang bisa satu shift. Selain itu sekolah ini biasanya ketika hujan lebat terendam banjir, sekarang insyaallah tidak lagi karena sudah kita ditinggikan lantainya satu setengah meter " ucap Wako.

Wako Hendri Septa menambahkan, pembangunan RKB merupakan salah satu dari program unggulan Pemerintah Kota Padang yang tertuang dalam RPJMD Kota Padang tahun 2014-2019, yaitu membangun 500 unit RKB untuk SD dan SMP se- Kota Padang.

"Insyaallah kita targetkan pembangunan 500 unit RKB selesai pada tahun 2023 ini," sebut Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa berharap, dengan ada gedung baru ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan menambah semangat baru bagi majelis guru untuk memberikan pendidikan kepada siswa siswi SDN 01 Ampang.

Mudah-mudahan dengan gedung baru ini dapat menambah juga semangat anak-anak kita untuk rajin belajar, sehingga nanti akan lahir generasi-generasi hebat calon pemimpin bangsa," pungkas Wali Kota Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova mengatakan, gedung baru ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp4,4 miliar. Gedung ini memiliki dua lantai, yang terdiri dari 10 lokal dan dilengkapi langsung dengan mobiler. 

"Sebelum dibangun, SDN 01 Ampang proses belajar dua shift. Selama proses pembangunan berlangsung proses belajar mengajar di sekolah ini dipindahkan ke sekolah lain," sebut Yopi Krislova.

Sementara itu, Kepala SDN 01 Ampang Gusnidar mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya ini merupakan salah satu sekolah tertua di Kota Padang, yang telah berdiri sejak tahun 1910. 

"Atas nama majelis guru dan tenaga pendidik kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang, terkhusus kepada Walikota Padang Bapak Hendri Septa yang telah membangun gedung sekolah yang megah ini. Semoga bapak sehat selalu dan diberikan kelancaran dalam memimpin Kota Padang ini," ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Inspektur Arfian, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Kepala Bapenda Yosefriawan, Kabag Prokopim Imral Fauzi, Camat Kuranji Yandra , Lurah dan Kepala SD se-Kecamatan Kuranji beserta unsur Forkopimca Kuranji.(Mul/Prokopim Pdg).

 
Top