Padang - Peringatan Hari Ibu ke-94 merupakan momentum yang tepat untuk mendorong kemandirian perempuan dari berbagai bidang pembangunan, agar mampu bangkit membangun Indonesia yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa saat membuka Peringatan Hari Ibu ke-94 yang diadakan oleh Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri) Kota Padang, di Ruang Mini Teater Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kamis (22/12/2022). 

"Melalui momentum peringatan hari ibu, kami mengajak perempuan Indonesia untuk mandiri, tidak hanya mandiri di bidang ekonomi, namun juga mandiri bidang yang lain seperti bidang pendidikan, kesehatan, sosial, politik dan hukum," ucap Wako.

Hendri Septa mengungkapkan, bukti konkrit kemandirian perempuan telah dilihatkan pada awal-awal terjadinya pandemi Covid-19. Dimana kaum perempuan menjadi penggerak awal membangun kesadaran masyarakat untuk menyediakan makanan bagi keluarga, tetangga dan saudara lainnya yang terpapar Covid-19. 

Perempuan juga bergerak mengatasi kondisi kesulitan ekonomi dengan memproduksi berbagai kerajinan yang dibutuhkan saat pandemi. Seperti masker, desinfektan, dan alat pelindung diri dan kebutuhan lainnya.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan selamat hari ibu ke-94. Semoga perempuan-perempuan Indonesia jaya selalu. Mari kita bangun Kota Padang menjadi lebih baik lagi," pungkas Wako.   

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Ibu ke-94 Tingkat Kota Padang Siska Meilani mengatakan, untuk memeriahkan hari ibu ke-94 Korpri Kota Padang mengadakan berbagai acara. 

Diantaranya, tausiyah  tentang Perempuan Berakhlak, Bekerja Cerdas, & Rumah Tangga Samawa, yang disampaikan oleh Ustadzah Ulfatmi, Dosen UIN Imam Bonjol Padang. Kemudian lomba merias wajah dengan mata tertutup yang diikuti oleh ASN perempuan masing-masing OPD di lingkup Pemko Padang.

"Kami berharap melalui lomba yang kami adakan ini para pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Padang dapat mengasah soft skil dan hard skillnya. Serta menjadi motivasi dan ladang usaha bagi mereka untuk menambah pendapatan keluarga sehingga berdampak pada kesejahteraan Mera," tutur Siska, yang juga menjabat sebagai Camat Padang Timur itu.

Turut hadir di kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Asisten Administrasi Umum Corri Saidan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang, Ny. Genny Hendri Septa, pimpinan OPD dan camat se-Kota Padang.

Adapun pemenang dari lomba merias wajah ini, untuk juara I diraih oleh OPD Badan Pendapatan Belanja Daerah (Bapenda), juara II Dinas Koperasi dan UKM, juara III Kecamatan Padang Timur dan juara favorit Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (Mul/Prokopim Pdg).
 
Top