"Solok--- Pasca banjir bandang yang menerjang wilayah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (21/3/2023) kemarin, sedikitnya 10 unit rumah warga dilaporkan rusak, termasuk fasilitas umum seperti jembatan dan lahan pertanian, Jumat (24/3/23).
Diberitakan sebelumnya, banjir bandang terjadi di aliran Sungai Limau Hantu, Jorong Ladang Padi, Nagari Surian. Sungai tersebut melewati Jorong Ladang Padi dan Jorong Dalam Koto. Curah hujan yang tinggi dari Selasa siang (21/3/2023) menyebabkan hulu sungai meluap, dan membawa material kayu serta merusak pemukiman maupun lahan pertanian warga.

Saat mengujungi lokasi banjir turut hadir Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar, Anggota DPR RI Kominsi V Athari Gauthi Ardi, Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Asisten I Drs. Syahrial, MM, Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Acil Fasra, Walinagari Surian Yusril dan Masyarakat Setempat.

Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M. Mar menyampaikan bahwa, "Saya turut prihatin kerena terjadinya banjir bandang ini, mudah mudahan dibalik musibah ini ada berkahnya", katanya.

"Kami Pemerintah Kabupaten Solok bersama dengan Ibu Athari akan melakukan normalisasi sungai  yang nantinya juga akan kita pasang batu rajut dan untuk 4 unit rumah yang rusak berat nantinya Ibu Athari akan memberikan program bedah rumah", Imbuh Bupati Solok.

"Kita juga Pemkab Solok telah mengirimkan 3 unit Excavator untuk membersihkan material material sisa banjir bandang ini.Dan kepada masyarakat korban bencana banjir bandang yang sakit semua pengobatannya gratis, dan kedepannya kita juga Pemerintah akan memberikan BPJS gratis kepada semua masyarakat terdampak", ucap Epyardi Asda.

Bantuan bantuan lain diantaranya 

- Baznas menyerahkan bantuan berupa Sembako dan kebutuhan sehari hari

- PKK Kabupaten Solok menyerahlan bantuan berupa sejumlah uang tunai dan Sembako.(Rilis)"
 
 
Top