(Diskominfo Kabupaten Solok)  -  Jakarta. Sebagai upaya penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional sebagaimana arahan Bapak Presiden dalam sidang kabinet paripurna pada tanggal 2 Maret 2023 dan Amanat Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik guna mendorong komitmen Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terhadap penerapan SPBE kemudian serta untuk mendorong percepatan pelaksanaan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan, Kementerian PANRB RI mengadakan forum SPBE Summit 2023 dengan  mengusung tema “Sinergi untuk Indonesia Maju” dengan mengundang seluruh Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah pada  Hari Senin, 20 Maret 2023, bertempat  di Kempinski Grand Ballroom, (West Wing Grand Indonesia - Amarta Lobby) Jakarta Pusat. Untuk Pemerintah Kabupaten Solok, Bupati Solok H. Epyardi Asda M.Mar diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Solok, Teta Midra, SSTP, M.Si. 

Menurut Teta Midra, Kabupaten Solok pada Tahun 2022 kemaren nilai SPBE kita berdasarkan SK Menpan RB Nomor 108 Tahun 2023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Daerah Tahun 2022 berada pada posisi 3,12 yang termasuk predikat baik, sementara target kita pada RPJMD 2021 - 2026 adalah 3,5. Nilai ini naik 0.3 poin dari tahun sebelumnya yang semula 2,82. Di Sumatera Barat,  kita berada pada posisi ke 4 setelah Pemkab Pesisir Selatan, Pemkab Lima Puluh Kota dan Pemkab Tanah Datar. Penilaian memenuhi 47 indikator, 8 Aspek dan 4 Domain yaitu Kebijakan, Tata Kelola, Manajemen dan Layanan SPBE. 

Harapan kedepan, nilai SPBE kita lebih meningkat lagi dengan mengoptimalkan SDM,  sarana dan prasarana serta keuangan yang ada. Peningkatan arsitektur SPBE Kabupaten Solok kita maksimalkan tentunya sejalan dengan arsitektur pusat yang bisa eksisting dan dibagi pakaikan agar tujuan SPBE mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif,  transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Sehingga SPBE ini berdampak dan bisa dirasakan lansung oleh masyarakat Kabupaten Solok, meningkatnya pelayanan publik, memberantas korupsi, mempermudah investasi sehingga terwujud visi kita yakni Mambangkik Batang Tarandam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat

Dalam penyelenggaraan forum dimaksud, juga terdapat rangkaian acara pemberian Digital Government Award (Anugerah Pemerintahan Digital) untuk mengapresiasi kinerja dan prestasi bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

Adapun pada kegiatan ini juga dilaksanakan penguatan kapasitas SDM pusat dan daerah ini terkait SPBE dengan penyampaian materi oleh narasumber diantaranya Abdullah Azwar Anas Menteri PANRB,  Arif Mustafa Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi Informasi dan Aparatur Kemenko Politik Hukum dan Keamanan, Aris Darmasyah Edisaputra Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kementeri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Rizal Edwin Manansang Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian, Luhut B. Pandjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi dengan keynote best practice dari Erick Thohir Menteri BUMN, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi (Admin).
 
Top